[important] Peraturan API harus diperbaharui deadline 31 Desember 2010


Warning: Illegal string offset 'single_featured_image' in /home3/abeytara/public_html/perkosmi.com/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 69
  1. Berdasarkan  Peraturan  Menteri  Perdagangan RI No.45/M-DAG/PER/2009  tentang Angka Pengenal Import (API) sebagaimana telah diubah dalam  Peraturan Menteri Perdagangan No.17/M-DAG/PER/9/2010, telah ditetapkan bahwa API-U,  API-P dan APIT yang diberlakukan sebagai API-U atau APIT-U yang diterbitkan sebelum 2010 wajib disesuaikan dengan ketentuan Peraturan Menteri Perdagangan dimaksud paling lambat 31 Desember 2010.
  2. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No.124/PMK.04/2007 tentang registrasi importir sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan No. 220/PMK.04/2008, telah diatur bahwa Nomor Identitas Kepabeanan (NIK) dapat diblokir apabila API/APIT habis masa berlakunya.
  3. Importir yang sudah melakukan penyesuaian API berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan RI No 45/M-DAG/PER/2010 (telah memiliki API baru) wajib melakukan pemutakhiran database registrasi importir, dengan menyampaikan surat pemberitahuan kepada Direktur Jenderal  Bea dan Cukai u.p. Direktur Kepabeanan dan Cukai, dilengkapi salinan dokumen atau data sebagai berikut:
    • Angka Pengenal Import baru
    • Bukti  Identitas (KTP/KITAS/PASPOR) para penaggungjawab yang namnanya tercantum di dalam API
    • Surat keterangan domisili perusahaan yang masih berlaku.
  4. Memperhatikan hal-hal tersebut di atas dan agar kegiatan kepabeanan Saudara tidak menjadi terhambat dikarenakan API yang telah habis masa berlakunya, dianjurkan kepada saudara agar melakukan antisipasi seperlunya.

Berikut kami sertakan beberapa dokumen Peraturan Menteri Perdagangan berkaitan dengan hal tersebut di atas.


Warning: Illegal string offset 'author_box' in /home3/abeytara/public_html/perkosmi.com/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 97