Klarifikasi Dugaan Penipuan melalui Telepon

Kepada anggota Perkosmi bahwa tidak benar para pejabat BPOM dan Kementrian Kesehatan (KEMENKES) melakukan permintaan dana dalam pengurusan surat ijin produksi dan surat ijin industri seperti yang baru-baru ini tersebar di beberapa Industri Kosmetika.

Dihimbau bagi semua anggota Perkosmi, bila ada hal-hal yang mencurigakan, dapat langsung ditanyakan kepada pengurus Perkosmi yang dikenal maupun langsung kepada pejabat BPOM yg sudah diketahui.

Berikut Surat Resmi dari BPOM:

 

Jakarta,  23 Januari 2013

Perihal             : Klarifikasi Dugaan Penipuan melalui Telepon
Yth.
Ketua Umum PERKOSMI
Di
            Jakarta
Sehubungan dengan adanya laporan dari beberapa industri kosmetik mengenai permintaan sejumlah dana dalam rangka perijinan di Direktorat Inspeksi dan Sertifikasi Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen yang mengatasnamakan pejabat Badan POM, bersama ini kami klarifikasi bahwa semua proses perijinan di lingkungan Direktorat Inspeksi dan Sertifikasi Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen tidak dikenakan biaya kecuali Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dikenakan sesuai PP No. 48 tahun 2010 dimana pembayarannya dilakukan melalui transfer via Bank BNI ke rekening resmi BPOM.
Demikian, agar dapat diinformasikan kepada seluruh anggota Perkosmi. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Direktur Inspeksi dan Sertifikasi
Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen
 
Drs. Sukiman Said Umar, Apt
NIP. 19531126 197912 1 001